TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints32144 UR - http://digilib.unila.ac.id/32144/ A1 - DEWI NARULITA, 1413053031 Y1 - 2018/04/10/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat yang disebabkan kurang maksimalnya penerapan model dan media pembelajaran. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 48 orang siswa sedangkan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Setelah melalui teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes serta teknik analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model discovery learning dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar IPA, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t-test pooled varians diperoleh data thitung 2,340 > ttabel 2,021 (dengan ? = 0,05). Kata kunci: discovery learning, IPA, media realia. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT AV - restricted ER -