%A 1416011073 NOVIA RACHMANIK PUTRI %T IMPLEMENTASI PERANAN TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) SEBAGAI WAHANA PENGASUHAN ANAK BAGI ORANGTUA BEKERJA (STUDI PADA TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DI KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peranan Taman Penitipan Anak (TPA) Sebagai Wahana Pengasuhan Anak Selama Orangtua Pergi Bekerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe deksriptif dengan melakukan wawancara kepada 27 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peranan sangat penting yang diberikan oleh taman penitipan anak (TPA) dalam hal mengasuh dan mendidik anak, karena selama anak dititipkan bukan hanya dipenuhi kebutuhan sehari-harinya akan tetapi diberikan juga pembelajaran yang dapat membantu perkembangan si anak. Selanjutnya, faktor pendorong orangtua menitipkan anak pada taman penitipan anak (TPA) bukan hanya dikarenakan pergi bekerja, faktor pendorong lain yakni adanya rasa takut bila menitipkan anak pada babysitter, sehingga lebih percaya pada taman penitipan anak (TPA); adanya keinginan orangtua agar anaknya tetap mendapatkan pembelajaran; lokasi taman penitipan anak (TPA) yang dekat dengan rumah atau tempat bekerja; serta biaya pelayanan yang terjangkau. Akan tetapi, selama pelaksanaan pengasuhan terkadang juga mengalami kesulitan diantaranya anak asuh yang sulit untuk diarahkan; terjadi salah paham antara tenaga pendidik dan orangtua; serta orangtua yang terlambat dalam menjemput anaknya. Namun, pada akhirnya terdapat dampak positif yang dirasakan oleh anak ataupun orangtua yakni anak menjadi lebih mengetahui pentingnya beribadah kepada Allah SWT; anak menjadi lebih mandiri dan berani; anak menjadi lebih bisa bersosialisasi dengan orang lain; serta anak dapat mengenal konsep huruf, angka, dan warna. Kata kunci: peranan, taman penitipan anak, pengasuhan, orangtua bekerja. IMPLEMENTATIONAL ROLE OF CHILDREN DAYCARE CENTRE IN CHILDREN PARENTING FOR WORKING PARENTS (STUDY ON CHILD DAYCARE IN KEMILING SUB-DISTRICT OF BANDAR LAMPUNG) This research aimed to find out the implementational role of Children Daycare Centre (TPA) as an intermediary in children care during parents absence due to work using descriptive qualitative method through interview on 27 informants. The result shows that there children daycare centre has siginificant role in childern parenting and education, due to children are left at the daycare are not only children are given basic but are also given learning which helps in their development. Furthermore, motivational factor of parents to leave their children in daycare centre (TPA) are also caused by lack of trust in using babysitter service, which leads parents to have confidence in children daycare centre (TPA); there is also need of parent to have their children be given education which will help children?s development and growth; daycare location which is close to home or working place; also affordable cost of daycare centre. However, during child parenting implementation at the daycare centre, educators face few problems such as directing children in care, miss communication with parents, also the lateness of parents in picking up their children. Nevertheless, children daycare centre has positive effects to both parents and children such as children are understands the importance in worshipping Allah SWT; children are more active and self-reliance; children are more social; and lastly children are taught to know the concept of letters, numbers, and colours. _____ Keyword: role, children daycare centre, parenting, working parents. %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1416011073 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints32147