%A 1413053063 LELI KARTIKA %T PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 54 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 60. Setelah menggunakan penerapan model Inquiry nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 66. Hasil perhitungan N-Gain di kelas kontrol yaitu 0,23 termasuk dalam klasifikasi rendah. Sedangkan nilai ratarata N-Gain di kelas eksperimen 0,75 termasuk kategori tinggi. N-Gain kedua kelas terdapat perbedaan selisih N-Gain sebesar 0,52. Dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan dan positif model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung menggunakan rumus t-test sparated varians, dengan hasil nilai thitung = 28,26 > ttabel = 2,042 (dengan ? = 0,05). Kata kunci: Inquiry, hasil belajar, tematik. %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1413053063 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints32151