title: HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS MELATI 3 KECAMATAN AMBARAWA creator: WULAN ARI SAVITRI, 1413053144 subject: LB Theory and practice of education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Melati 3 Kecamatan Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar, hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Melati 3 Kecamatan Ambarawa. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 154 siswa dan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar matematika, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika, dan terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: hasil belajar matematika, motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar. abstract The problem in this research is the low of mathematics learning outcomes of fifth graders of Elementary School Gugus Melati 3,Ambarawa districts’school year 2017/2018. The purpose of this study is to determine the significant relationship between learning resources with learning outcomes, learning motivation with mathematics learning outcomes, and learning resources and learning motivation with mathematics learning outcomes fifth graders of Elementary School Gugus Melati 3, Ambarawa districts. The type of research is ex-postfacto correlation. The population of 154 students and the sample of 65 students. Data collection tools are observation, questionnaire and documentation study. Data analysis used is product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis of research data can be concluded that there is a significant relationship between the utilization of learning resources with mathematics learning outcomes, there is a significant relationship between learning motivation with mathematics learning outcomes, and there is a significant relationship between the use of learning resources and learning motivation to the results of mathematics learning outcomes. Keywords: learning motivation, learning resources,mathematics learning outcomes publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2018-05-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32152/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32152/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32152/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: WULAN ARI SAVITRI, 1413053144 (2018) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS MELATI 3 KECAMATAN AMBARAWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/32152/