@misc{eprints32155, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER }, author = {1413023015 DINA KIFTATUL KUSNIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FKIP}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32155/}, abstract = { ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN GENDER Oleh Dina Kiftatul Kusnia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) pada materi zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Global Madani Bandar Lampung pada semester genap tahun 2017/2018. Sampel yang didapat adalah kelas VIII.1 dan VIII.4 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent pretest and posttest control group design. Efektivitas model pembelajaran ADI ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis antara siswa laki-laki dan perempuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada n-Gain siswa laki-laki dan perempuan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI pada materi zat aditif dan adiktif efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Kata kunci: gender, keterampilan berpikir kritis, konsep zat aditif dan adiktif, model pembelajaran ADI } }