?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1413023048&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+SiMaYang+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+SISWA+PADA+MATERI+ASAM+BASA&rft.creator=NURMALA%2C+1413023048&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+pengaruh+model+pembelajaran+Si-+MaYang+dalam+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+siswa+dibandingkan+dengan+pembelajaran+konvensional+serta+ukuran+pengaruh+model+pembelajaran+SiMaYang+dalam+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+pada+materi+asam+basa.+Metode+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+pretest+postest+control+group+design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+16+Bandarlampung.+Pemilihan+sampel+dilakukan+dengan+cara+cluster+random+sampling+sehingga+diperoleh+kelas+XI+IPA+2+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+XI+IPA+3+sebagai+kelas+kontrol.+Pengaruh+model+pembelajaran+SiMaYang+diukur+berdasarkan+uji-t+n-Gain+keterampilan+proses+sains+siswa+serta+uji+effect+size.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+n-Gain+keterampilan+proses+sains+siswa+pada+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol+sebesar+0%2C79+dan+0%2C57.+Ukuran+pengaruh+model+pembelajaran+SiMaYang+sebesar+0%2C94+dengan+kate-gori+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Berdasarkan+pengujian+hipotesis%2C+diketahui+bahwa+model+pem-belajaran+SiMaYang+memiliki+pengaruh+yang+tinggi+dalam+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+siswa+dibandingkan+dengan+pembelajaran+konvensional%0D%0Aserta+pada+kelas+eksperimen+94%25+peningkatkan+keterampilan+proses+sains+pada%0D%0Amateri+asam+basa+dipengaruhi+oleh+model+pembelajaran+SiMaYang.%0D%0AKata+kunci+%3A+model+pembelajaran+SiMaYang%2C+keterampilan+proses+sains%2C+ukuran%0D%0Apengaruh+(effect+size).&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2018-06-29&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32158%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32158%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32158%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++NURMALA%2C+1413023048++(2018)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+SiMaYang+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+SISWA+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32158%2F