TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32161 UR - http://digilib.unila.ac.id/32161/ A1 - Chikita Mardwi Patmi, 1413023011 Y1 - 2018/07/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI ter-hadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif. Metode pene-litian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018, dengan VIII.3 dan VIII.4 sebagai sampel penelitian yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji Ankova dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian efektivitas model pembelajaran ADI di-tunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa laki-laki dan perempuan kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah pem-belajaran dengan model ADI efektif meningkatkan penguasaan konsep materi zat aditif dan adiktif ditinjau berdasarkan gender siswa. Kata Kunci: gender, Argument Driven Inquiry, penguasaan konsep, aditif, adiktif PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF DITINJAU BERDASARKAN GENDER AV - restricted ER -