<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis\r\ninkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik untuk meningkatkan kemampuan\r\nmetakognisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model\r\n4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan & Sammel (1974). Subjek penelitian\r\npengembangan ini adalah LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan\r\nkemampuan metakognisi pada materi gerak harmonik sederhana. Subjek uji coba\r\nlapangan adalah guru fisika dan siswa di SMA Negeri 1 Tumijajar. Produk LKS\r\nhasil pengembangan telah divalidasi oleh ahli. Validasi ahli konstruksi, ahli materi\r\ndan ahli media masing-masing memberikan skor rata-rata 3,89; 3,85; dan 3,69,\r\nsemuanya memberikan penilaian sangat baik atau sangat valid. Adapun skor ratarata\r\nrespon guru dan siswa terhadap produk LKS adalah 3,24 dan 2,91 (kriteria\r\nmembantu). Untuk respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menggunakan\r\nproduk LKS, diperoleh skor rata-rata 3,35 dan 3,33, semuanya masuk dalam\r\nkategori sangat membantu. Karakteristik produk LKS yang dihasilkan adalah: (1)\r\nkegiatan LKS disusun sesuai dengan tahapan inkuri terbimbing; (2) LKS disusun\r\nuntuk meningkatkan metakognisi siswa, berupa pengetahuan metakognisi\r\nRudi Aswadi\r\n(deklarasi, prosedural, dan kondisional) dan keterampilan metakognisi\r\n(memprediksi, merencanakan, memonitor dan mengevaluasi); (3) Struktur LKS\r\nterdiri dari 3 bagian, yaitu pendahuluan, isi dan penutup. LKS terbukti efektif\r\nmeningkatkan kemampuan metakognisi pada materi gerak harmonik sederhana.\r\nHal ini ditunjukkan dengan: (1) Hasil postes kemampuan metakognisi kelas\r\neksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan rata-rata kemampuan\r\nmetakognisi adalah 75,58 dan 50,22; (2) Uji beda rata-rata postes kemampuan\r\nmetakognisi kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang\r\nsangat signifikan dengan nilai sig.0.00; (3) Perhitungan effect size sebesar 0,90\r\n(kategori large); dan (4) Rata-rata n-gain kelas eksperimen adalah sebesar 0,69,\r\nlebih besar dari pada rata-rata n-gain kelas kontrol sebesar 0,37. Berdasarkan\r\ndata-data perhitungan yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa\r\nproduk LKS berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan kemampuan\r\nmetakognisi siswa pada materi gerak harmonik sederhana.\r\nKata kunci : LKS, inkuiri terbimbing, kemampuan metakognisi, gerak harmonik\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nThis study aims to develop students worksheet (SW) based on guided inquiry in\r\nthe subject of harmonic motion to improve metacognition ability. This research\r\nuses research design and development of 4D model proposed by Thiagarajan &\r\nSammel (1974). The subject of this research is SW based on guided inquiry to\r\nimprove metacognition ability in the subject harmonic motion. The subject of\r\nfield trials are physics teacher and student in SMA Negeri 1 Tumijajar. SW\r\nproduct of development has been validated by expert. Expert construction\r\nvalidation, content expert and media expert, each giving an average score of 3.89;\r\n3.85; and 3.69, all of them provide excellent or very valid judgment. The average\r\nscore of teacher and student response to SW products are 3.24 and 2.91 (helpful\r\ncriteria). Teacher and student responses to learning using SW products, obtained\r\nan average score of 3.35 and 3.33, all included in the category of great help.\r\nCharacteristics of SW were: (1) Activities using SW arranged in accordance with\r\nthe stages of guided inquiry; (2) SW is to enhance students metacognition ability,\r\nin metacognition knowledge (declarations, procedural, and conditional) and\r\nmetacognition skills (predicting, planning, monitoring and evaluating); (3) SW\r\nRudi Aswadi\r\nstructure consists of 3 parts, namely introduction, content and cover. SW proved\r\nto be effective in increasing metacognition ability onharmonic motion subject.\r\nIndicated by: (1) The result of metacognition ability posttest obtained by\r\nexperiment class is higher than control class, with average metacognition ability is\r\n75,58 and 50,22; (2) The mean difference test of the posttest value also shows\r\nsignificant difference with the value of sig.0.00; (3) Effect size calculation\r\nobtained 0,90 (large category); and (4) The average n-gain of the experimental\r\nclass is 0.69, greater than the control n-gain average of 0.37. Based on the\r\ncalculation data obtained, we conclude that the SW based on guided inquiry is\r\neffective to improve metacognition ability in harmonic motion subject.\r\nKeywords : SW, guided inquiry, metacognition ability, harmonic motion"^^ . "2018-05-25" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . " 1423022036"^^ . " RUDI ASWADI"^^ . " 1423022036 RUDI ASWADI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN\r\nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK\r\nHARMONIK SEDERHANA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #32166 \n\nPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI \nTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN \nMETAKOGNISI SISWA PADA MATERI GERAK \nHARMONIK SEDERHANA\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . . . "QC Physics"@en . .