TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32199 UR - http://digilib.unila.ac.id/32199/ A1 - OKY PRAYOGI, 1413053091 Y1 - 2018/05/08/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 42 Peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi. Analisis data uji statistik t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Kata kunci: pembelajaran CTL, hasil belajar , PKn PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SUKAJADI AV - restricted ER -