%A 1413053089 NYS. MARTA TRIDA %T PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 08 METRO TIMUR %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kels V. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis Multiple intelligences terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 08 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran berbasis Multiple intelligences terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 08 Metro Timur. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung = 2,12 > ttabel = 2,02 dan untuk ttabel (? = 0,05). Kata kunci: multiple intelligences, strategi pembelajaran, hasil belajar tematik. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints32200