TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32201 UR - http://digilib.unila.ac.id/32201/ A1 - MUHAMAD RAHMAN AMRULLAH, 1413053076 Y1 - 2018/05/08/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Qurnia Mataram pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan multimedia audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 41 responden. Sampel penelitian berjumlah 41 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal angket dan tes soal bentuk pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media multimedia audio visual, rata-rata nilai posttes pada kelas eksperimen sebesar 76,50. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 69,29. Perbandingan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,45 dengan 0,26, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,19. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,045, sedangkan ttabel sebesar 2,022. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,045 > 2,022) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan multimedia audio visual terhadap hasil belajar tematik. Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran, multimedia audio visual, PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 QURNIA MATARAM AV - restricted ER -