title: PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Bunga Mayang T.P. 2017/2018) creator: ANGGUN RAHMA DWIANI, 1413021008 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bunga Mayang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 112 siswa dan terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji hipoteis menggunakan uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, representasi matematis, think pair share publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2018-07-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32213/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32213/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32213/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ANGGUN RAHMA DWIANI, 1413021008 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Bunga Mayang T.P. 2017/2018). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/32213/