%A 1443053062 TRISNA JAYANTI %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 TANJUNG RAYA BANDAR LAMPUNG %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linear dan Ujit. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar IPS pada pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil belajar IPS, pembelajaran terpadu ABSTRACT The problem of this research is the low of IPS learning result of fourth grader of the fourth class students at SD Negeri 1 Tanjung Raya. The research has purpose to know the influence of using the model of inquiry learning towards social science learning result. the research method uses quasi experiment method with nonequivalent control group design. the sample of this research was the fourth class student at SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung in 2017/208. The sample was took by using simple random sampling and got IVB class as experimental class with the students total is 32 student and IVA as control class with the students total is 32 students. The data analysis was used linear regression test and t-test. The result of research indicated any positive. Influence of using the model of inquiry learning towards social science learning result in integrated learning of the student of the fourth class at SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung in 2017/2018. Keywords: The Model of Inquiry Learning, IPS Learning, Integrated Learning %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints32221