title: PENGEMBANGAN BUKU BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP CIPTA KARYA LAMPUNG TIMUR creator: LIA APRIYANTI, 1423031035 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan buku bacaan pada mata pelajaran IPS yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. 2) mengetahui efektifitas buku bacaan pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pengembangan buku bacaan yang berjudul “Merdeka Indonesiaku” menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Produk pengembangan berupa buku bergambar “Merdeka Indonesiaku” diuji cobakan pada siswa kelas VIII di SMP Cipta Karya Lampung Timur ditemukan hasil observasi, efektifitas penggunaan buku bacaan “Merdeka Indonesiaku” diuji dengan t test, hasil t hitung sebesar 6,311 dan t tabel sebesar > 2,045. Terlihat pada hasil perhitungan bahwa t hitung > dari koefisien t tabel atau 6,311 > 2,045 artinya terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan buku bacaan “Merdeka Indonesiaku” dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan buku bacaan “Merdeka Indonesiaku”. Kata kunci: aktivitas belajar, buku bacaan THE DEVELOPMENT OF READING BOOKS OF SOCIAL STUDY TO INCREASE LEARNING ACTIVITY OF SMP CIPTA KARYA LAMPUNG TIMUR This study aims to: 1) produce reading books in social study that can be used as an alternative to improve learning activity of students. 2) determine the effectiveness of reading books in social studies to improve learning activity of students.This study is a research and development or Research and Development (R & D). The process of developing reading book entitled "Merdeka Indonesiaku" used model Dick and Carey. Product development in the form of reading book " Merdeka Indonesiaku " tested on eighth grade students at SMP Cipta Karya, Lampung Timur found the results of observations, the effective use of reading book " Merdeka Indonesiaku" tested by t test, the t count equal to 6,311 and t table of > 2.045. Visible on the calculation result that t > of coefficient t table or 6,311 > 2.045 means that there are differences in learning activity graders experiment that uses reading book " Merdeka Indonesiaku " with grade control using conventional learning without using reading book " Merdeka Indonesiaku ". Key words: learning activity, reading books date: 2017-04-26 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32252/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32252/19/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32252/20/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: LIA APRIYANTI, 1423031035 (2017) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP CIPTA KARYA LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/32252/