%0 Generic %A JANIK DIYAN PRASINTA, 1413023028 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32265 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK %U http://digilib.unila.ac.id/32265/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiemnt dengan Pretest and Postest Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian me¬nun¬-jukkan bahwa (1) model ADI efektif dalam meningkat¬kan penguasaan konsep siswa (2) model ADI efektif dalam meningkatkan pe¬ngua¬¬saan konsep tidak hanya siswa kemampuan akademik tinggi tetapi juga siswa kemampuan akademik ren¬dah (3) pembelajaran menggunakan model ADI dalam meningkatkan penguasa¬an konsep tidak terpengaruh oleh kemampuan akademik yang mana peningkatan penguasaan konsep siswa kemampuan akademik yang tidak berbeda secara sig-nifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : Kemampuan akademik, model ADI, penguasaan konsep.