TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32265 UR - http://digilib.unila.ac.id/32265/ A1 - JANIK DIYAN PRASINTA, 1413023028 Y1 - 2018/07/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiemnt dengan Pretest and Postest Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian meŽnunŽ-jukkan bahwa (1) model ADI efektif dalam meningkatŽkan penguasaan konsep siswa (2) model ADI efektif dalam meningkatkan peŽnguaŽŽsaan konsep tidak hanya siswa kemampuan akademik tinggi tetapi juga siswa kemampuan akademik renŽdah (3) pembelajaran menggunakan model ADI dalam meningkatkan penguasaŽan konsep tidak terpengaruh oleh kemampuan akademik yang mana peningkatan penguasaan konsep siswa kemampuan akademik yang tidak berbeda secara sig-nifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : Kemampuan akademik, model ADI, penguasaan konsep. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK AV - restricted ER -