@misc{eprints32268, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA }, author = {1413023023 HANI NABILA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32268/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efek?tivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam basa dalam me?ning?katkan keterampilan berpi?kir tingkat tinggi ditinjau dari kemampuan akade?mik siswa. Penelitian ini meng?gu-nakan meto?de kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam pe-ne?litian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandarlampung se?mes?ter genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis statis?tik uji t dan ANOVA dua jalur (two ways ANOVA). Dari hasil penelitian disimpul?kan: (1) tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model problem solving dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa, (2) pembelajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkat?kan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa, (3) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mengguna?kan model problem solving pada siswa berkemampuan aka?de?mik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih banyak daripada siswa berke?mam??puan akademik sedang dan rendah. Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan akademik, asam basa. } }