TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32268 UR - http://digilib.unila.ac.id/32268/ A1 - HANI NABILA , 1413023023 Y1 - 2018/07/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efek¬tivitas model pembelajaran problem solving pada materi asam basa dalam me¬ning¬katkan keterampilan berpi¬kir tingkat tinggi ditinjau dari kemampuan akade¬mik siswa. Penelitian ini meng¬gu-nakan meto¬de kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam pe-ne¬litian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandarlampung se¬mes¬ter genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis statis¬tik uji t dan ANOVA dua jalur (two ways ANOVA). Dari hasil penelitian disimpul¬kan: (1) tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model problem solving dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa, (2) pembelajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkat¬kan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa, (3) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mengguna¬kan model problem solving pada siswa berkemampuan aka¬de¬mik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih banyak daripada siswa berke¬mam¬¬puan akademik sedang dan rendah. Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan akademik, asam basa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA AV - restricted ER -