@misc{eprints32271, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK }, author = {1413023002 ADI NURRAHMAN }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32271/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode penelitian yang diguna-kan adalah Quasi Experiement, dengan desain The Matching Only Pretest and Postest Control Group serta penentuan sampel secara purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung. Pengujian data dilakukan dengan uji ankova dan perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan ketereampilan argumentasi siswa berdasarkan kemampuan akademik (2) model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa kemampuan akademik tinggi dan siswa kemampuan akademik rendah (3) peningkatan kete-rampilan argumentasi pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan model pembelajaran ADI) tidak dipengaruhi oleh kemampuan akademik siswa yang mana peningkatan keterampilan argumentasi siswa kemampuan akademik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah. Ber-dasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi siswa berdasarkan ke-mampuan akademik. Kata kunci : Kemampuan akademik, keterampilan argumentasi, model pembelajaran ADI } }