TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32272 UR - http://digilib.unila.ac.id/32272/ A1 - EVI NUR INDAH SARI, 1413023018 Y1 - 2018/07/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/1018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu XI MIA1 dan kelas XI MIA2 yang diberi perlakuan pembela-jaran menggunakan model PBMPLD pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postes keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol, serta nilai n-gain kelas eksperi-men berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembela-jaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen, keterampilan berpikir tingkat tinggi. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH DETERGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI AV - restricted ER -