@misc{eprints32278, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA}, author = {1413023047 NUR NGAFIFAH JAMIL}, publisher = {FKIP}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32278/}, abstract = {ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA Oleh Nur Ngafifah Jamil Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA semester genap di SMAN 15 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dianalisis menggunakan uji two ways ANOVA dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan kemampuan akademik terhadap KPS siswa; larutan elektrolit dan non elektrolit; ( iii Nur Ngafifah Jamil learning, persentase siswa kemampuan akademik tinggi dengan kategori n-gain tinggi lebih besar daripada siswa akademik sedang dan rendah. Kata kunci : model discovery learning, KPS, kemampuan akademik, larutan elektrolit dan non elektrolit.} }