@misc{eprints32279, month = {Juli}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT }, author = {1413023020 FEBRI SULIH PAMBUDI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32279/}, abstract = {Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Seputih Agung ini bertujuan untuk men-deskripsikan pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran isu sosiosaintifik. Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji perbedaan dua rata-rata n-Gain, pada kelas eksperimen memiliki pengaruh lebih besar terhadap peningkatan kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa dibandingkan kelas kontrol dan juga menunjukkan bahwa pembelajaran isu sosiosaintifik memiliki pengaruh ?besar? dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa dengan effect size sebesar 0.836 dan memiliki pengaruh ?besar? dalam meningkatkan kemampuan efikasi diri siswa dengan effect size sebesar 0.776. Kata kunci: literasi kimia, isu sosiosaintifik, efikasi diri siswa,.} }