TY - GEN ID - eprints32286 UR - http://digilib.unila.ac.id/32286/ A1 - SELLY AGUSTIN, 1413023061 Y1 - 2018/07/05/ N2 - ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Oleh Selly Agustin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih dalam meningkatkan kete- rampilan berpikir kreatif siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling di SMA YP Unila Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest and Postest Control Group. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang, serta terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata postes di kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, limbah cairan pemutih. PB - FKIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA AV - restricted ER -