%0 Generic %A Septi Dianna Bunga Mulia, 1413021070 %C Universitas Lampung %D 2018 %F eprints:32297 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018) %U http://digilib.unila.ac.id/32297/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D dan VII-E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t dan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problem based learning tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning