?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+LEMBAR+KERJA+SISWA+BERBASIS+PERUBAHAN+KONSEPTUAL+PADA+MATERI+ASAM+BASA&rft.creator=ULFA+RAHMA+AINUL+FIKRIA+%2C+1413023067&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Dalam+pembelajaran+kimia+dijumpai+miskonsepsi+pada+materi+asam+basa%2C+salah+satunya+pada+konsep+teori+asam+basa%2C+dimana+siswa+kurang+mampu+menerapkan+teori+asam+basa+ke+dalam+persamaan+reaksi.++Oleh+karena+itu+dibutuhkan+upaya+untuk+meminimalisir+miskonsepsi+tersebut%2C+sehingga+dilakukanlah+penelitian+ini.++Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+Lembar+Kerja+Siswa+(LKS)+ber-basis+perubahan+konseptual+pada+materi+asam+basa%2C+mendeskripsikan+karakteristik+dan+validitas+LKS%2C+mendeskripsikan+tanggapan+guru+dan+siswa%2C+serta+mendeskrip-sikan+kendala-kendala+dalam+pengembangan+LKS+berbasis+perubahan+konseptual+pada+materi+asam+basa.++Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+dan+pengembangan+menurut+Borg+%26+Gall%2C+dimana+tahap+yang+dilaksanakan+hanya+sampai+tahap+revisi+hasil+uji+coba.++Hasil+dari+LKS+yang+dikembangkan+adalah+LKS+berbasis+perubahan+konseptual%2C+LKS+ini+terdiri+dari+tahapan-tahapan+yang+mampu+melatihkan+siswa+untuk+mengungkapkan+konsep%2C+membahas+dan+mengevaluasi+konsep%2C+menghadirkan+konflik+kognitif%2C+serta+merestrukturisasi+kon-sep.++Berdasarkan+hasil+validasi+ahli+terhadap+kesesuaian+isi%2C+konstruksi%2C+dan+keter-bacaan+diperoleh+persentase+sebesar+89%2C11%25+dan+berkategori+sangat+tinggi.++Hasil+tanggapan+guru+terhadap+LKS+yang+dikembangkan+pada+aspek+kesesuaian+isi%2C+konstruksi%2C+dan+keterbacaan+sebesar+87%2C30%25%3B+93%2C33%25%3B+87%2C90%25+yang+dikategorikan+sangat+tinggi.++Hasil+tanggapan+siswa+terhadap+aspek+kemenarikan+dan+keterbaca%C2%ACan+sebesar+90%2C18%25+dan+91%2C42%25+dengan+kategori+sangat+tinggi.++Dengan+demikian%2C+LKS+berbasis+perubahan+konseptual+pada+materi+asam+basa+yang+telah+dikem-bangkan+layak+sebagai+media+pembelajaran%2C+karena+telah+memenuhi+aspek+kese-suaian+isi%2C+konstruksi%2C+keterbacaan%2C+dan+kemenarikan+dengan+hasil+yang+sangat+tinggi.%0D%0AKata+kunci+%3A+Lembar+kerja+siswa%2C+perubahan+konseptual%2C+asam+basa%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2018-07-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32300%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32300%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32300%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ULFA+RAHMA+AINUL+FIKRIA+%2C+1413023067++(2018)+PENGEMBANGAN+LEMBAR+KERJA+SISWA+BERBASIS+PERUBAHAN+KONSEPTUAL+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32300%2F