TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32303 UR - http://digilib.unila.ac.id/32303/ A1 - TIA DWI ANGGRA YANI, 1413023065 Y1 - 2018/07/05/ N2 - Miskonsepsi siswa masih terjadi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit seperti siswa menganggap semua larutan elektrolit merupakan senyawa ion se-hingga diperlukan suatu media untuk meminimalisir miskonsepsi tersebut. Pene-litian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis perubahan konseptual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan tanggapan guru, tanggapan siswa dan kendala yang ditemui. Desain penelitian ini menggunakan desain research & development (R&D). Penelitian ini terbatas pada lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perancangan produk, pengembangan produk awal, uji coba rancangan awal, dan revisi hasil uji coba. LKS yang di-kembangkan dinilai pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi de¬ngan masing-masing persentase 79,69%, 87,24% dan 83,13% dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Uji coba lapangan awal dilakukan untuk mengetahui tanggapan guru dan tanggapan siswa di SMAN 3 Bandarlampung. Aspek yang dinilai untuk tanggapan guru meliputi kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sedangkan tanggapan siswa meliputi kemenarikan dan keterbacaan. Hasil persen-tase tanggapan guru untuk kesesuaian isi yaitu 92,42%, keterbacaan 92,64%, dan konstruksi 95% . Adapun hasil persentase tanggapan siswa untuk keterbacaan ya-itu 80,71% dan kemenarikan 81,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bah¬wa LKS berbasis perubahan konseptual pada materi larutan elektrolit dan non e-lektrolit yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: lembar kerja siswa, perubahan konseptual, larutan elektrolit dan non elekrolit PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -