%0 Generic %A KHASMAR HASUNG P.W. , 1413023032 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32305 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK %U http://digilib.unila.ac.id/32305/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan menggunakan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design dengan tipe factorial 2x2. Penentuan sampel pada peneli-tian adalah menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII B di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang masing-masing sebagai kelas ekspeimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah LKPD dengan model ADI, soal pretes dan postes. Teknik analisis data meng-gunakan uji Ankova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembel-ajaran model ADI efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kemampuan akademik tinggi dan siswa kemampuan akademik rendah, (2) siswa kemampuan akademik tinggi mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis yang tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis, model pembel-ajaran ADI.