@misc{eprints32309, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK}, author = {1413023013 DESI NUR SHOLIHA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32309/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan ke-mampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experi-mental dengan Prestes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel da-lam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang ditentukan meng-gunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji anko?va dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji anko?va diperoleh nilai sig kemampuan akademik*model ADI 0,980 lebih besar dari sig kriteria yang berarti tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model ADI dengan kemampuan akademik dalam meningkatkan KPS. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akademik tinggi dan rendah dengan pembelajaran model ADI lebih tinggi daripada dengan menggu?nakan pembelajaran konvensional. Rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akade?mik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah pada pembelajaran menggunakan model ADI. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam mening?katkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, KPS, model pembelajaran ADI } }