title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK creator: DESI NUR SHOLIHA , 1413023013 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan ke-mampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experi-mental dengan Prestes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel da-lam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang ditentukan meng-gunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji anko¬va dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji anko¬va diperoleh nilai sig kemampuan akademik*model ADI 0,980 lebih besar dari sig kriteria yang berarti tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model ADI dengan kemampuan akademik dalam meningkatkan KPS. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akademik tinggi dan rendah dengan pembelajaran model ADI lebih tinggi daripada dengan menggu¬nakan pembelajaran konvensional. Rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akade¬mik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah pada pembelajaran menggunakan model ADI. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam mening¬katkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, KPS, model pembelajaran ADI publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2018-07-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32309/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32309/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32309/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DESI NUR SHOLIHA , 1413023013 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/32309/