%0 Generic %A DESI NUR SHOLIHA , 1413023013 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32309 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK %U http://digilib.unila.ac.id/32309/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan ke-mampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experi-mental dengan Prestes-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel da-lam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung yang ditentukan meng-gunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji anko¬va dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji anko¬va diperoleh nilai sig kemampuan akademik*model ADI 0,980 lebih besar dari sig kriteria yang berarti tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan model ADI dengan kemampuan akademik dalam meningkatkan KPS. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akademik tinggi dan rendah dengan pembelajaran model ADI lebih tinggi daripada dengan menggu¬nakan pembelajaran konvensional. Rata-rata n-gain KPS siswa kemampuan akade¬mik tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan siswa kemampuan akademik rendah pada pembelajaran menggunakan model ADI. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI efektif dalam mening¬katkan KPS siswa materi zat aditif dan adiktif berdasarkan kemampuan akademik. Kata kunci : kemampuan akademik, KPS, model pembelajaran ADI