%0 Generic %A AMELIA PUTRI, 1313033008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32311 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://digilib.unila.ac.id/32311/ %X Kemajuan suatu bangsa dapat dinilai dari kualitas sumber daya manusianya, dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas, diperlukan kemajuan pendidikan seperti Pendekatan Saintifik Dalam Model Jigsaw yang dapat memberi peningkatan keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitianini adalah “Apakah Ada Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Setelah Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2017/2018” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan pendekatan Saintifik dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2017/2018”. Penelitian menggunakan desain yaitu One- Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 143 siswa di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simpel Random Sampling sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan dilakukan ujianalisis data dengan rumus Persentase. Berdasarkan analisis data secara kualitatif dengan menggunakan rumus persentase dapat ditarik kesimpulan bahwa “ada peningkatan keaktifan belajar siswa dengan Pendekatan Saintifik dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Jigsaw, Model, Penerapan