%A 1413023038 MERY ARISANDI LUMBU %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN LIMBAH CAIRAN PEMUTIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol di SMA YP Unila Bandarlampung, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, serta terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata postes di kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, pencemaran limbah cairan pemutih %D 2018 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1413023038 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints32312