TY - GEN CY - UNIVERSITASLAMPUNG ID - eprints32327 UR - http://digilib.unila.ac.id/32327/ A1 - RIZKY INSIRAWATI , 1413023058 Y1 - 2018/07/05/ N2 - Penelitian yang saat ini dikembangkan adalah penelitian mengenai pengembangan LKS berbais everyday life phenomenon pada materi sistem koloid, LKS ini memi-liki perbedaan dari LKS sistem koloid sebelumnya, dimana pada LKS ini siswa diarahkan untuk mampu mengaplikasikan teori yang dipelajarinya dengan feno-mena kehidupan sehari-hari serta mampu mengaitkan fenomena kehidupan sehari-hari dengan teori yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip-sikan karakteristik LKS hasil pengembangan, validitas LKS hasil pengembangan, tanggapan guru dan siswa terhadap LKS hasil pengembangan. Metode yang digu-nakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang hanya dilakukan sampai 5 tahap pertama. Penelitian ini dilakukan de-ngan melibatkan guru dan siswa di SMA Negeri 7 Bandarlampung. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh persentase sebesar 93,93%, 95,56%, dan 95%, sehingga dinyatakan valid. Persentase tang-gapan guru pada aspek keseuaian isi, keterbacaan, dan kontruksi sebesar 88,57%, 95,56%, dan 95%, dengan kriteria sangat tinggi. Persentase tanggapan siswa pada aspek kemenarikan dan keterbacaan sebesar 94,18%, dan 93,85% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka LKS ini dibuat guna menjadi salah satu media pembelajaran di sekolah khususnya pada materi sistem koloid. Kata Kunci : LKS, everyday life phenpomenon, koloid PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENON PADA MATERI SISTEM KOLOID AV - restricted ER -