%A 1413023001 ADE WAHYU SAPUTRA %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANAN BERPIKIR ORISINIL PADA LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem based learning(PBL)dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 PUNGGUR tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent pretes-postest control group design. Efektivitas pembelajaran problem based learning (PBL) diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir orisinil siswa, kemudian ukuran besar pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL)tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa memiliki kriteria ?sedang?. Pembelajaran problem based learning (PBL)memiliki pengaruh ?sedang? terhadap peningkatan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem based learning (PBL) efektifdalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil siswa, problem based learning (PBL). %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints32359