%A 1413023009 ANITA AMELIA %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir lancar pada materi larutan penyangga.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA di SMAN 01 TUMIJAJAR pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh model problem based learning diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci : larutan penyangga, berfikir lancar, problem based learning. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints32361