title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) creator: Siwi Purwitasari, 1313021094 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: Penelitian experimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 162 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIPA 2 dan XIPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control grup design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan penalaran adaptif berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Kata kunci: guided discovery learning, penalaran adaptif, pengaruh publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2018-07-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32365/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32365/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32365/14/SKRIPSI%20FULL.pdf identifier: Siwi Purwitasari, 1313021094 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/32365/