TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints32365 UR - http://digilib.unila.ac.id/32365/ A1 - Siwi Purwitasari, 1313021094 Y1 - 2018/07/13/ N2 - Penelitian experimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 162 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIPA 2 dan XIPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control grup design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan penalaran adaptif berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Kata kunci: guided discovery learning, penalaran adaptif, pengaruh PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) AV - restricted ER -