creators_name: Siwi Purwitasari, 1313021094 creators_id: siwi897@gmail.com type: other datestamp: 2018-07-30 06:42:51 lastmod: 2018-07-30 06:42:51 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian experimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 162 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIPA 2 dan XIPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control grup design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan penalaran adaptif berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Kata kunci: guided discovery learning, penalaran adaptif, pengaruh date: 2018-07-13 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1313021094 citation: Siwi Purwitasari, 1313021094 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32365/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32365/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32365/14/SKRIPSI%20FULL.pdf