%0 Generic %A MUTIATUL KARIMAH, 1413023041 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32369 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT %U http://digilib.unila.ac.id/32369/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang ada di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 8 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh penggunaan LKS berbasis discovery learning diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa, kemudian ukuran besar pengaruh LKS berbasis discovery learning tersebut diukur berdasar-kan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa memiliki kriteria “tinggi”. LKS berbasis discovery learning memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Larutan elektrolit dan non elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disim-pulkan bahwa LKS berbasis discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis siswa, lembar kerja siswa