@misc{eprints32380, month = {Mei}, title = {GAMBARAN LINGKUNGAN BELAJAR TAHAP KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN KUESIONER THE DUNDEE READY EDUCATION ENVIRONMENT MEASURE (DREEM)}, author = {1118011111 KARINE MEYNDA PUTRI }, address = {FAKULTAS KEDOKTERAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32380/}, abstract = { Latar belakang: Lingkungan belajar didefinisikan sebagai keseluruhan perangkat kegiatan belajar-mengajar di sekitar peserta didik yang merupakan hasil refleksi dari karakteristik sebuah institusi pendidikan. Kegiatan pembelajaran dalam tahap kepaniteraan klinik merupakan pendidikan profesi dokter berupa penerapan ilmu yang telah didapatkan selama masa preklinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui GAMBARAN lingkungan belajar pada tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan 128 responden dan sumber data yang digunakan adalah dari kuesioner DREEM. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata DREEM Hasil Penelitian: DREEM dan jumlah rata-rata dari persepsi lingkungan belajar tahap kepaniteraan klinik adalah RSAM 109, RSAY 109, RSJ 109, PTPN 107.4 dan PUSKESMAS 102 dengan nilai rata-rata adalah 107. Persepsi lingkungan belajar pada tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung berada dalam kondisi positif atau kategori baik. Kesimpulan: Penelitian ini memiliki makna lingkungan belajar pada tahap kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung berada dalam kategori baik. Kata Kunci: lingkungan Belajar, kepaniteraan klinik, persepsi } }