?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1418011159&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+LINGKUNGAN+BELAJAR+DENGAN+ACTIVE+LEARNING+DAN+CRITICAL+THINKING+PADA+MAHASISWA+TINGKAT+PERTAMA+DI+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+TAHUN+2017&rft.creator=OKTA+DELLA+SUSMITHA%2C+1418011159&rft.subject=Pendidikan+Perguruan+Tinggi&rft.subject=RA+Public+aspects+of+medicine&rft.description=+%0D%0A+ABSTRAK+%0D%0A+HUBUNGAN+LINGKUNGAN+BELAJAR+DENGAN+ACTIVE+LEARNING+DAN+CRITICAL+THINKING+PADA+MAHASISWA+TINGKAT+PERTAMA+DI+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+TAHUN+2017+%0D%0A++%0D%0AOleh++%0D%0AOKTA+DELLA+SUSMITHA+++Latar+belakang%3A+Lingkungan+pembelajaran+merupakan+salah+satu+faktor+penentu+yang+paling+penting+dari+pembelajaran+yang+efektif+sehingga+kualitas+lingkungan+pembelajaran+mencerminkan+kualitas+pembelajaran.+Lingkungan+belajar+juga+bergantung+pada+kualitas+pribadi+mahasiswa+untuk+berinteraksi+antar+mahasiswa+agar+active+learning+dan+critical+thinking+dapat+tercapai+dengan+baik.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+hubungan+lingkungan+belajar+dengan+active+learning+dan+critical+thinking+pada+mahasiswa+tingkat+pertama+di+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+tahun+2017.+Metode+Penelitian%3A+Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+cross-sectional+study.+Sampel+penelitian+ini+terdiri+dari+141+mahasiswa+angkatan+2017+yang+ditentukan+dengan+total+sampling.+Penelitian+ini+menggunakan+alat+ukur+berupa+kuesioner+Dundee+Ready+Educational+Environment+(DREEM)+dan+Self+Assessment+Scale+on+Active+Learning+And+Critical+Thinking+(SSACT).+Analisis+data+menggunakan+uji+Chi-Square.+Hasil+penelitian%3A+Hasil+penelitian+menunjukan+bahwa+persepsi+mahasiswa+tentang+lingkungan+belajar+sebagian+besar+memuaskan+(46%2C8%25)+serta+active+learning+dan+critical+thinking+mahasiswa+sebagian+besar+dalam+kategori+tinggi+(56%2C7%25).+Berdasarkan+analisis+bivariat+dengan+uji+Chi-Square+didapatkan+nilai+p+0%2C020+(%3C0%2C05)+artinya+didapatkan+hubungan+yang+bermakna.+Kesimpulan%3A+Terdapat+hubungan+antara+lingkungan+belajar+dengan+active+learning+dan+critical+thinking+pada+mahasiswa+tingkat+pertama+di+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+tahun+2017.++Kata+kunci%3A+Active+learning%2C+critical+thinking%2C+DREEM%2C+lingkungan+belajar%2C+SSACT.++&rft.publisher=Fakultas+Kedokteran&rft.date=2018-05-28&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32384%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32384%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32384%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++OKTA+DELLA+SUSMITHA%2C+1418011159++(2018)+HUBUNGAN+LINGKUNGAN+BELAJAR+DENGAN+ACTIVE+LEARNING+DAN+CRITICAL+THINKING+PADA+MAHASISWA+TINGKAT+PERTAMA+DI+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+TAHUN+2017.++Fakultas+Kedokteran%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F32384%2F