%0 Generic %A MOHAMMAD RIFAI, 1413053074 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2018 %F eprints:32385 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BINAKARYA BARU %U http://digilib.unila.ac.id/32385/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Binakarya Baru, kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur efektivitas penerapan metode VAK adalah angket, dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa adalah soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji statistik t-test separated varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 5,307 > ttabel =2,021 (dengan α = 0,05). Artinya, ada pengaruh positif pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: VAK, Matematika, hasil belajar. abstract The problem in this research is the low level of student learning outcomes in Mathematics subjects. This research aims to know the influence of learning Auditory Visual Kinesthetic (VAK) against the results of the learning of mathematics. This research uses experimental methods research design with a non equivalent control group design. The population of this research is the whole grade IV SD Negeri 01 Binakarya Baru, class IVA as a class and a class IVB controls as class experiments. Research instrument used to measure the effectiveness of the application of the method is the now VAK, and instruments for measuring student learning outcomes is a matter that has been tested for validity and reliability. Data analysis using statistical tests t-test separated the variance. The results of the study in this research was limited in cognitive domain. Based on the results of the analysis of the data obtained a value of thitung = ttabel > 5.307 = 2.021 (with α = 0.05). That is, there is a positive influence of learning Auditory Visual Kinesthetic (VAK) against the results of the learning of mathematics. Keywords: VAK, mathematics, learning results.