%0 Generic %A Vika Kesuma Wardani, 1443053064 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2018 %F eprints:32388 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/32388/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental designs, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Hasil analisis diperoleh terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, problem based learnig. ABSTRACT The Problem in this study is the low achievement of students' thematic learning in Sekolah dasar negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of the use of learning model problem based learning on students' thematic achievement. The method used in this research is pre experimental designs, specifically, one group pretest posttest design. The result of the analysis shows that there is an effect on students' thematic achievement after using poblem based learning model at the fourth grade of Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung of academic year 2017/2018.. Keywords: problem based learning, result of learning process, thematic learning.