@misc{eprints32406, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT }, author = {1413023004 AFRIANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FKIP}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32406/}, abstract = {ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT Oleh AFRIANI Asesmen merupakan salah satu komponen terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas asesmen. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa beberapa guru belum dapat membuat instrumen asesmen sesuai kaidah penulisan asesmen yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan respon siswa tehadap instrumen asesmen pengetahuan berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R\&D) menurut Borg Gall. Tahapan-tahapan penelitian ini terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft awal, (4) uji coba lapangan awal, dan (5) revisi hasil uji coba. Berdasarkan hasil validasi terhadap instrumen asesmen yang dikembangkan, diperoleh katagori sangat tinggi. Hasil respon guru terhadap ketiga aspek tersebut berkatagori sangat tinggi, yaitu aspek keterbacaan 89,23\%, aspek konstruksi 90\%, dan aspek kesesuaian isi materi 90\%. Hasil respon siswa terhadap aspek keterbacaan berkatagori sangat tinggi sebesar 87,08\%. Uji validitas instrumen asesmen pengetahuan menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki nilai kevalidan di atas 0,444 dengan jumlah N sebesar 20, sehingga isntrumen ini dikatakan valid. Uji reliabilitas instrumen asesmen ini pada soal pilihan ganda dan soal essay berkatagori tinggi. Nilai reliabiliats soal pilihan ganda sebesar 0,672 dan nilai reliabilitas soal essay sebesar 0,680. Kesimpulan pada penelitian ini adalah instrumen asesmen pengetahuan menunjukkan hasil valid dan layak dipakai. Kata kunci: asesmen, HOTS, elektrolit dan non elektrolit. } }