@misc{eprints32413, month = {Mei}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA}, author = {1413053097 PUSPITA ANGGRAINI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2018}, url = {http://digilib.unila.ac.id/32413/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian none equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,381, sedangkan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,381 {\ensuremath{>}} 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar IPS, kooperatif, scramble } }