title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA creator: PUSPITA ANGGRAINI, 1413053097 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian none equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,381, sedangkan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,381 > 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar IPS, kooperatif, scramble publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2018-05-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32413/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32413/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32413/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: PUSPITA ANGGRAINI, 1413053097 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/32413/