creators_name: PUSPITA ANGGRAINI, 1413053097 creators_id: puspitaanggraini88@gmail.com type: other datestamp: 2018-07-31 04:42:40 lastmod: 2018-07-31 04:42:40 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian none equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,381, sedangkan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,381 > 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar IPS, kooperatif, scramble date: 2018-05-02 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 1413053097 citation: PUSPITA ANGGRAINI, 1413053097 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/32413/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32413/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/32413/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf