TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints32416 UR - http://digilib.unila.ac.id/32416/ A1 - CHANDRA ADI WIBOWO , 141305324 Y1 - 2018/05/02/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, metode yang digunakan yaitu expostfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan bertanya dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,570 berada pada taraf ?cukup kuat?, ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan hasil belajar IPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,309 berada pada taraf ?rendah?, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersamasama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan ditunjukkan dengan koefisien kolerasi sebesar 0,572 berada pada taraf ?cukup kuat?. Kata kunci: Hasil belajar IPS, bertanya, variasi. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN AV - restricted ER -