title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN creator: YUYUN MARDIANA, 1413053150 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 44 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan jamak dan angket. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik siswa yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus independet sample t-test, t 2,021. Kata kunci: Hasil belajar, make a match, tematik. hitung = 2,428 > t tabel publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2018-05-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32417/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32417/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/32417/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YUYUN MARDIANA, 1413053150 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/32417/