%0 Generic %9 Other %A Nyoman Tri Yulianti, 1013053070 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:3242 %I FKIP %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SD NEGERI 02 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/3242/ %X Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B SD Negeri 02 Kotagajah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan strategi pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian penggunaan strategi pembelajaran interaktif dapat meningkakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari: (a) persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (58,62) dalam kategori “cukup aktif” dan siklus II menjadi (75,25) dalam kategori “aktif”, (b) rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I (69,46) dan siklus II menjadi (83,32), (c) katuntasan hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa tuntas 19 orang atau sebesar (67%), siklus II jumlah siswa yang tuntas 24 orang atau sebesar (85%) (d) persentase rata-rata afektif siswa pada siklus I (57,55) dalam kategori “cukup” dan siklus II menjadi (76,65) dalam kategori “baik”, dan (d) persentase rata-rata psikomotor siswa pada siklus I (46,5) dalam kategori “cukup terampil” dan siklus II menjadi (71,8) dalam kategori “terampil”.